CARA MEMBUAT BAKSO > RESEP DASAR MEMBUAT BAKSO

RESEP DASAR BAKSO SAPI
BAHAN :
300 GR DAGING SAPI SEGAR, SDT GARAM, 2 SIUNG BAWANG PUTIH, CINCANG HALUS, SDT MERICA BUBUK, 1-2 SDM TEPUNG KANJI, 1 PUTIH TELUR

1. CINCANG ATAU GILING DAGING SAMPAI HALUS, CAMPUR BERSAMA GARAM, ADUK
2. ULENI SAMPAI ADONAN LEMBUT DAN BISA DIPULUNG (KURLEB 30 MENIT). LALU MASUKKAN BAWANG PUTIH DAN MERICA
3. SETELAH ADONAN RATA, MASUKKAN TEPUNG DAN PUTIH TELUR, ADUK SAMPAI TERCAMPUR
4. BENTUK ADONAN MENJADI BULATAN MENGGUNAKAN 2 SENDOK. REBUS DALAM AIR MENDIDIH HINGGA BAKSO MENGAPUNG, ANGKAT, TIRISKAN

RESEP DASAR BAKSO URAT
BAHAN :
300 GR DAGING SENGKEL, 1 SIUNG BAWANG PUTIH, CINCANG HALUS, 1 SDT GARAM, SDT MERICA BUBUK, 2 SDM TEPUNG KANJI, 2 PUTIH TELUR

1. HALUSKAN SENGKEL DENGAN CARA DICINCANG HALUS ATAU DIGILING
2. TAMBAHKAN BAWANG PUTIH, GARAM DAN MERICA. ADUK RATA, MASUKKAN TEPUNG KANJI, ADUK RATA, ULENI SAMBIL MASUKKAN PUTIH TELUR HINGGA ADONAN KALIS (KURLEB 30 MENIT)
3. BENTUK ADONAN MENGGUNAKAN 2 SENDOK MENJADI BOLA-BOLA BAKSO. REBUS DALAM AIR MENDIDIH HINGGA BOLA-BOLA BAKSO MENGAPUNG, ANGKAT, TIRISKAN

RESEP DASAR BAKSO IKAN
BAHAN :
300 GR DAGING IKAN TENGGIRI (FILLET); 1 SIUNG BAWANG PUTIH, POTONG TIPIS, GORENG GARING, REMAS; SDT GARAM; SDT MERICA BUBUK; 4 SDM TEPUNG KANJI

1. CINCANG ATAU BLENDER DAGING IKAN
2. TAMBAHKAN BAWANG PUTIH, GARAM DAN MERICA, REMAS-REMAS SAMPAI TERCAMPUR RATA. MASUKKAN TEPUNG KANJI, ADUK ATAU ULENI SAMPAI TERCAMPUR RATA
3. BENTUK ADONAN MENJADI BULATAN DENGAN MENGGUNAKAN 2 SENDOK. REBUS DALAM AIR MENDIDIH SAMPAI BAKSO MENGAPUNG, ANGKAT, TIRISKAN

RESEP DASAR BAKSO UDANG
BAHAN :
300 GR UDANG KUPAS; 1 SIUNG BAWANG PUTIH, POTONG TIPIS, GORENG KERING, REMAS; SDT GARAM; SDT MERICA BUBUK; 1 SDM TEPUNG KANJI

1. HALUSKAN UDANG DENGAN CARA DIULEK/DICINCANG HALUS/DIPUKUL-PUKUL DENGAN PEMUKUL DAGING
2. ULENI DAN BANTING-BANTING HINGGA MENJADI ADONAN YANG BISA DIPULUNG. TAMBAHKAN BAWANG PUTIH, GARAM, MERICA DAN TEPUNG KAJI, REMAS-REMAS HINGGA RATA
3. BENTUK ADONAN MENJADI BULATAN DENGAN 2 SENDOK. REBUS DALAM AIR MENDIDIH SAMPAI BAKSO MENGAPUNG, ANGKAT, TIRISKAN.

CARA MEMBUAT BAKSO PENTOL UBAYA
TIPS DALAM MEMBUAT BAKSO
CARA MEMBUAT BAKSO KOMPLIT
CARA MEMBUAT BAKSO > RESEP DASAR MEMBUAT BAKSO
CARA MENYIMPAN BAKSO
CARA MEMBUAT BAKSO SENDIRI
http://contoh-skripsi-makalah.blogspot.com/

22 komentar:

tiyo mengatakan...

wah2 ini yang paling enak boleh deh d coba

.......... mengatakan...

memang bisnis makanan tidak pernah mati. Termasuk bisnis bakso yang proses pengerjaannya sangat mudah. Namun walaupun sangat mudah, masalah cita rasa dan keaslian haruslah tetap di nomer satukan bisnis bakso tetap berkembang.

salam dari kami : BAKSO TETELAN GOLI
Bakso Tetelan Pertama di Lamongan yang bercita rasa asli dan alami sehingga menghasilkan cita rasa bakso yang lezat.

http://www.bakso-goli.blogspot.com

ananta mengatakan...

wah.. resepnya kayaknya kurang pas tuh... nga cuman tepung kanji aja yang diperlukan tapi juga tepung terigu.... ;)

nur mengatakan...

klo biar bksox kras gmna sih?
maaf,sya seorang amatir yg pgen bs mbuat bkso.
tlong donk solusix.

Pandu mengatakan...

aduh saya semalam mencoba membuat bakso daging sapi dengan resep diatas,ko rasanya aneh banget dih?bener ga itu tepung tapioka nya cuma 2 sdm ??
bener2 ga enak
tolong diklarifikasi ya..

Agoes Prayetno mengatakan...

wktu kakak saya mencoba resep diatas, adonan bakso'a kok kelembekan ya. . . Jdi mw mbwt bentuk bola pd bakso ga bisa, padahal tdk di beri air. . .

saya datang mengatakan...

saya pernah nyoba resep bakso dari teman, katanya selain bahan-bahan diatas, perlu juga ditambahkan bawang merah iris yang digoreng lalu dihaluskan bersama daging.

slamet mengatakan...

boleh , saya akan coba...

agung mengatakan...

Alhamdulillah akhirnya ketemu juga nih cara bikin bakso

thanks ya

www.khasiat-tahitiannoni.blogspot.com

Rahayu mengatakan...

kl buat kuah nya gmna?

Shana Chan mengatakan...

tadi malam masak daging qurban,dapat daging sapi,buat bakso dg resep diatas,hasilnya basonya kenyel banget.. beda ma yang di gambar atau ma yang sering aku makan di warung.. resepnya beneran ga?? soalnya hasilnya basonya kenyel kaya karet

unitedfreeware.com mengatakan...

Makasih panduan bikin bakso ini.

sidomulyo kendal mengatakan...

Beneran gk ni......klo bener bleh nyoba....!

akang farta mengatakan...

haha. . Byk menemukan mslh dlm bkn baks0. Kal0 sy bc resep diatas . . Teknikx ada yg kurang. Sbaikx daging digiling dg esbatu agar proteinx slg terikat dan mudah ktk dibentuk. 1kg daging bs menggunakan 500g-1kg es batu.
Baks0 yg baik,bkn keras tp keyal.. . Jd bs ditmbhkn STTP ,STTP adalh kimia untk makanan jd aman dik0nsumsi dlm kdr trbtas. Dpt dibeli d t0k0 bhn makanan/kue.

alvin_curup mengatakan...

cubo e,

alvin_curup mengatakan...

lagi enake,

bayu slankrs mengatakan...

wah bnyak kekurangan cara bkin bksonya

WAHANAHITAM mengatakan...

kalo bicara soal bakso..semua orang pasti suka..mulai dari kalangan biasa hingga kalangan elit...semua tetap suka dengan khas rasany...
nah..kalo bicarauntuk membuatnya...waduh2...saya nyrah deh...ribet...mending beli aj..heehe

sigit budiyanto mengatakan...

INI DIA MAKANAN KESUKAAN ANEBAKSO MEMANG MANTAP, MAKANAN TERLEZAT

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

mkasih infox gan..

Nurma DJ mengatakan...

setelah sekian lama cari resep bakso akhirnya nemu penjual tepung bakso yang enak.. buat temen2 yang belum nemu resepnya neh alamatnya:
http://baksokres.blogspot.com/2013/02/yang-di-tunggu-akhirnya-datang-juga.html

Sela Oktaviani mengatakan...

aku juga punya tipsnya kok :P
Cara membuat bakso